Antara Earphone, Headset, Handsfree, Handset atau Headphone.

       Kerap kali orang bingung membedakan antara earphones, handsfree, headset,  handset dan headphone. Banyak orang sesuka hati mau menyebut yang mana saja, padahal yang sebenarnya memiliki arti dan kegunaan yang berbeda. Berbahasa Indonesia lah yang baik dan benar.:p Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan dari masing - masing perangkat :

  • Earphone
    Earphone atau penyuara kuping adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga.
    Earphone dapat digunakan untuk hiburan seperti CD, DVD player, home theater, video games, computer, dll. Juga digunakan di portable device seperti digital audio player/ mp3 player, handphone, dll. Earphone juga digunakan untuk di stasiun-stasiun TV sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara/ atasan ke presenter/ kru TV lainnya/ bawahan. Sehingga komunikasi tercapai tanpa didengar pihak-pihak lain.

  • Headphone
    Headphone mempunyai arti yaitu sepasang (dua buah) earphone yang mumpunyai bando yang dikenakan dikepala

  • Headset
    Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.

  • Handset
    Handset adalah perangkat elektronik digital (portabe) yang mudah dibawa. Contohnya ponsel, PSP, atau yang lainnya.
  • Handsfree
    Handsfree adalah suatu peralatan menggambarkan sifat yang dapat digunakan tanpa menggunakan tangan (misalnya melalui perintah suara) atau, dalam arti yang lebih luas peralatan yang membutuhkan hanya menggunakan tangan terbatas, sehingga tangan bisa menyibukkan diri dengan tugas lain.

    Atau dalam pengertian lain yaitu perangkat yang terdiri dari earphone dan microphone dimana terdapat fungsi kontrol didalamnya. Misalnya untuk menjawab panggilan telepon, memulai memutar musik atau yang lainnya sehingga pengguna tidak langsung menyentuh ponsel. Handsfree dapat berupa koneksi nirkabel (bluetooth) atau menggunakan kabel.

  • Nah, Sekarang Lu Lu semua udah pada tau kan Perbedaannya ? yaudah, sekarang jgn Norak lagi ya ^^v wahahhaa

2 komentar: